reaksi NuKleopilik

Pada Kimia Organik maupun anorganik, adanya suatu kelompok dasar Reaksi subtitusi dimana sebuah nuklefilik yang mengandung electron jamak, secara berikatan dengan atau menyerang muatan positif dari sebuah gugus kimia atau atom yang disebut Reaksi Nukleopilik.

Dengan Nu menandakan nukleofil, : menandakan pasangan elektron, serta R-X menandakan substrat dengan gugus pergi X. Pada reaksi tersebut, pasangan elektron dari nukleofil menyerang substrat membentuk ikatan baru, sementara gugus pergi melepaskan diri bersama dengan sepasang elektron. Produk utamanya adalah R-Nu. Nukleofil dapat memiliki muatan listrik negatif ataupun netral, sedangkan substrat biasanya netral atau bermuatan positif.

Bentuk umum reaksi ini adalah

Nu: + R-X → R-Nu + X:

Contoh 1 . substitusi nukleofilik adalah hidrolisis alkyl Bromida, R-Br, pada kondisi basa, dimana nukleofilnya adalah gugus OH, b dan gugus perginya adalah Bromida. Br dilipas atau diputus dari gugus awalnya.

Reaksi substitusi nukleofilik sangat umum dijumpai pada kimia organik, dan reaksi-reaksi ini dapat dikelompokkan sebagai reaksi yang terjadi pada karbon alifatik, atau pada karbon aromatik atau karbon tak jenuh lainnya (lebih jarang).

R-Br + OH → R-OH + Br