Iu Vante.... Deo Vincimus

Iu Vante Deo Vincimus !!!

Kita adalah mahluk sosial. Dalam kehidupan kita, kita berinteraksi dengan sesama kita, dengan manusia yang ada disekitar kita, alam dan Tuhan. Suatu ciri khas mahluk sosial adalah adanya 'interkasi sosial' antara satu orang atau lebih dengan orang-orang tertentu atupun kelompok-kelompok lainnya. Mempunyai suatu relasi, berhubungan dan berinteraksi di dalamnya serta mengambil peran penting, adalah suatu proses pembentukan karekter kita untuk dapat bertahan dari ancaman permasalahan hidup. Contoh, kita akan lebih terbantu mengerjakan suatu pekerjaan dengan bantuan 10 orang (dari grup kita) dengan sama sekali tidak ada orang yang membantu kita. Karakter itu didapat dari pengalaman-pengalaman kita berinteraksi dan berhubungan satu sama lain, berkomunikasi, berdiskusi dan berbagi.
salah satu peristiwa itu sering kita jumpai dalam Organisasi.

Organisasi merupakan 'ruang lingkup' sosial setelah masyarakat (masyarakat dilingkungan, desa, kecamatan sampai kota). Di masyarakat organisasi memegang peranan penting untuk kemajuan ataupun kemunduran suatu perkembangan masyarakat. Contohnya suatu Organisasi yang beratribut 'kepemudaan' akan sangat membantu menaikkan citra suatu masyarakat itu dengan melakukan berbagai even dan pertandingan. Adanya kesinambungan program kerja antara pemuda dan pemerintah daerah (setempat) akan sangat membantu perkembangan masyarakat itu, sebab ada pepatah mengatakan, kemajuan suatu bangsa itu ditangan kaum muda.

Kita harus dapat belajar berorganisasi. Untuk dapat mengambil peran di masyarakat nantinya bukanlah mudah. Kita dapat belajar dari sekarang, dan menurutku itu harus. Sebagai mahasiswa tujuan pertama lulus dari PTN ini adalah "mengambil peran di masyarakat'', bergabung dengan masyarakat. Tentu bukanlah kemampuan akademik kita yang diharapkan ataupun yang membantu kita untuk memecahkan masalah bila mana kita sewaktu terjun langsung kemasyarakat menemukan kendala. Tetapi kemampuan kita memecahkan masalah dengan Kecerdasan Emosi kita.

Nah...dari mana kita dapat belajar... tentunya dari organisasi dunkk. Di Unimed banyak organisasi baik eksternal maupun internal yang dapat membantu kamu memulai hal di atas. Salah satunya adalah UKM (unit kegiatan mahasiswa). Ini merupaka organisasi internal kampus yang resmi dan mempunyai program kerja yang bagus untuk kamu sesuai dengan bakat dan minat kamu. Kemampuan itu belakangan. Yang penting kemauan.

Seperti saya saat ini mengikuti salah satu UKM yaitu di bidang Kerohanian. Yaitu UK-KMK St.Martinus unimed. Kelak nantinya saya dapat mengambil peran penting di lingkungan gerjeja saya. UKM ini telah lama berdiri, tahun 1987, organisasi ini dikumandangkan menjadi organisasi yang bergerak di bidang KEROHANIAN KATOLIK. Ya karena saya beragama Katolik. Jangan salah kaprah dulu, bukan untuk mengajak kamu ikut UKM ini, tapi bergabunglah dan aktualisasikan dirimu. Sungguh telah banyak yang kudapat dari UKM ini.

It's very nice.

Iu Vante Deo Vicimus